Tools Report Konsol

Konsolidasi Laporan Keuangan

Bila perusahaan Anda memiliki beberapa cabang atau anak perusahaan, tentunya Anda memiliki kebutuhan untuk menggabungkan laporan keuangannya menjadi satu. Proses tersebut sering disebut juga sebagai konsolidasi laporan.

Apa yang harus dilakukan untuk melakukan konsolidasi tersebut? Biasanya orang menggunakan spread sheet, lalu setiap data per cabang/perusahaan dikumpulkan per lajur. Baru dijumlahkan menggunakan rumus. Proses ini bukan hanya melelahkan, tapi juga gampang salah karena setiap kali ada perubahan, Anda harus ingat bagian mana saja yang harus di-update.

Laporan Konsolidasi di FINA

FINA software akuntansi mempunyai beberapa cara untuk membuat laporan konsolidasi.

Konsolidasi di Level Account

Konsolidasi dengan cara ini akan menggabungkan semua history buku besar (GL) dengan akun yang sama menjadi 1. Keuntungan cara ini adalah: prosesnya sederhana dan cepat.

Kelemahannya adalah: Laporan yang bisa dihasilkan hanya dari GL hingga laporan keuangan saja. Selain itu, bila ada kesalahan, proses harus diulang dari awal, atau melakukan proses undo konsolidasi.

Konsolidasi Level Transaksi

FINA juga dapat melakukan konsolidasi di level transaksi. Artinya semua transaksi hingga ke GL digabungkan semua. Cara ini umumnya efektif digunakan oleh perusahaan yang memang 1 PT namun mempunyai 2 pembukuan.

Ada 2 cara untuk melakukan konsolidasi di level ini, yaitu secara off line (batch) maupun semi-online.

Keuntungan konsolidasi dengan cara ini adalah laporan yang dihasilkan bisa sangat rinci hingga level transaksi. Sedangkan kerugiannya adalah database yang dibutuhkan akan menjadi sangat besar sekali.

Konsolidasi Level Report

Cara ketiga yang tidak melibatkan penggabungan data secara fisik adalah FINA menarik data dari beberapa database, lalu digabungkan menjadi 1.

Keuntungan konsolidasi dengan cara ini adalah tidak ada proses yang perlu dilakukan. Hanya akses ke masing-masing database saja yang diperlukan. Bahkan akses ini pun bisa dilakukan melalui internet.

Kelemahan cara ini adalah: dibutuhkan FINA webservice agar bisa membaca lebih dari 1 database FINA.

Cara Kerja Report Konsolidasi

Cara kerja fitur ini bisa dilihat di gambar berikut ini:

Blok diagram Report Konsol di FINA Accounting Software
Blok diagram Report Konsol di FINA Accounting Software

Report client akan mengirim permintaan ke FINA API, setelah itu FINA API akan meneruskan permintaan tersebut ke semua database yang terdaftar. Database ini akan mengembalikan hasil permintaan ini yang selanjutnya akan dikonsolidasi oleh FINA API. Hasil konsolidasi ini akan dikirim ke Report Client yang selanjutnya akan disajikan di layar, cetak atau pun di-export ke excel.

BerikutĀ Manual Book – Report Konsol di FINA. Harga jualĀ  fitur Report Konsolidasi dapat dilihat di sini.

Bila Anda ada yang ingin ditanyakan mengenai FINA secara umum atau fitur ini secara khusus, silakan hubungi kami.