Webservice FINA

Definisi

Yang dimaksud dengan web service (WS) adalah web server di dunia internet yang menyediakan layanan tertentu. Web service juga sering disebut sebagai API atau Application Programming Interface. Artinya Anda bisa berhubungan dengan program / aplikasi tersebut melalui jalur ini.

Apa fungsi dari WS atau API ini? Fungsinya adalah membuka pintu ke pihak ke-3 untuk melakukan integrasi dengan software tersebut.

Web Service di Software Akuntansi

Sudah menjadi sifat alamiah sebuah software akunting untuk menjadi muara bagi semua software lainnya. Sebut saja misalkan: Software penggajian, harus dijurnal ke akunting. Software e-commerce, saat order masuk, harus masuk ke software akunting, dan sebagainya.

Begitu juga untuk pengembang software lain, misalnya Sales Force Automation (SFA), yaitu aplikasi mobile apps yang digunakan oleh salesman untuk taking order ke retailer. Dengan menghubungkan SFA ke web service accounting, maka otomatis order yang sudah diisi oleh salesman di lapangan bisa langsung masuk ke software akuntansi secara real time.

FINA Web service

Walaupun program akunting FINA masih berbasis windows, tidak menghalangi Imamatek untuk menyediakan fitur web service untuk FINA. Dengan arsitektur FINA yang sudah baik, maka membuka FINA menjadi mudah. Saat ini kami sudah sediakan sebuah produk yang bernama FINA API (singkatan dari: Application Programming Interface) yang bertujuan untuk mempermudah proses integrasi FINA dengan software lainnya. Pada dasarnya FINA API merupakan sebuah web service, layanan FINA tanpa muka.

Fungsi FINA API

  1. Memasukkan transaksi tertentu ke dalam FINA secara real-time/online tanpa perlu memikirkan proses apa saja yang perlu dilakukan di belakangnya. Contoh: Sebuah website E-Commerce sudah menerima order, maka software itu harus kirim data ke FINA API agar order itu bisa tercatat di SO. Saat barang sudah dikirim, maka software itu akan kirim data yang akan dicatat sebagai DO.
  2. Membaca data dari FINA. Benefitnya adalah software lain tidak perlu tahu struktur tabel di FINA hanya untuk menarik informasi-informasi tertentu. Misalnya: Saldo piutang customer tertentu.

Cara Integrasi Dengan FINA

Apa yang perlu Anda lakukan untuk mengintegrasikan FINA Anda dengan software lain?

  1. Bila Anda adalah pengguna FINA, hubungkan kami dengan vendor software yang ingin Anda integrasikan. Biar kami bicara secara teknis apa yang perlu dilakukan. Anda boleh ikut dengar, namun siap-siap untuk menerima jargon-jargon teknis yang akan memusingkan kepala Anda.
  2. Bila Anda adalah ISV (Independent Software Vendor) yang ingin aplikasi Anda terintegrasi dengan FINA, silakan hubungi kami. Kita bisa buat kerja sama yang saling menguntungkan.
  3. Bila Anda adalah pengguna FINA namun tidak mau dipusingkan dengan hal-hal teknis seperti ini, Anda masih bisa mengintegrasikan data melalui fitur export-import dari FINA.

Contoh Kasus

Integrasi dengan SFA

Imamatek telah melakukan beberapa integrasi dengan sistem SFA (Sales Force Automation) yang kini digunakan di PT Centa Bracindo Abadi, PT Enseval Putra Megatrading, juga PT Topindo Atlas Asia.

Integrasi dengan E-Commerce

FINA juga pernah diintegrasikan dengan beberapa aplikasi e-commerce yang dikembangkan sendiri oleh masing-masing perusahaan.

Integrasi dengan Produk Internal Imamatek

Bukan hanya dengan produk pihak ketiga, FINA API juga digunakan oleh Imamatek untuk mengintegrasikan dengan produk-produk buatan sendiri.

Beberapa contohnya adalah: FINA For Manufacturing, Report Konsol, BINI, dll.

Berikut Buku manual FINA Webservice.

Harga jual Optional Feature ini dapat dilihat di sini.

Bila Anda ada yang ingin ditanyakan mengenai FINA secara umum atau fitur ini secara khusus, silakan hubungi kami.