FINA Distro di PT. Sentral Multimitra Gemilang

FINA Distro di PT. Sentral Multimitra Gemilang

Hal yang terjadi sebelum menggunakan FINA, PT. Sentral Multimitra Gemilang sudah terlebih dulu menggunakan Software akuntansi lain (berbasis dos), menurut pengakuan PIC adanya kesulitan yang dihadapi perusahaan dalam mengontrol kegiataan khususnya kontrol stok barang, selain itu kesulitan dalam mendapatkan laporan-laporan yang dibutuhkan. Saat mengetahui adanya Software Akuntansi FINA mereka tertarik dengan fitur-fitur yang terdapat pada FINA varian Distribution.

Software FINA khususnya varian Distribution selain di desain sebagai software akuntansi standar (modul kas & bank, penjualan, pembelian, inventory) juga menyajikan fitur-fitur tambahan yang sangat dibutuhkan dalam perusahaan yang bergerak di bidang distribusi (trading). Adanya fitur Discount Promo yang dapat digunakan untuk menghitung promo-promo yang kan diberikan. Sehingga hal ini menghindari adanya kesalahan jumlah barang dalam pengiriman. Kemudian adanya Collection yang bisa digunakan sebagai tukar faktur/penagihan atas piutang pelanggan yang memudahkan dalam pengelompokan tagihan-tagihan sekaligus. Kedua hal ini menjadi alasan PT. Sentral Multimitra Gemilang dalam memilih FINA sebagai software akuntansi yang mereka gunakan.

Issue yang terjadi adalah ada kejadian di lapangan, bahwa SO berbeda dengan realisasi yang di terima oleh customer (DO) sehingga mempengaruhi diskon promo yang ada di SO. Hal ini bisa terjadi karena ada barang yg ditolak dengan alasan gudang customer masih penuh, ada juga karena customer salah hitung stok (masih ada). Solusi yang ada adalah menggunakan penambahan script recalculate pada diskon promo di DO.

Pada kunjungan selanjutnya dengan jadwal Sign Off yang mengakhiri proses implementasi/masa training. Demikian yang dapat diceritakan dalam pelaksanaan implementasi di PT. Sentral Multimitra Gemilang.

Terima kasih