Laporan PT. Indospektra Maju menggunakan FINA Software Akuntansi

Laporan PT. Indospektra Maju

Sebelumnya sudah menggunakan software yang berbasis DOS, software tersebut ada beberapa kendala yaitu diantaranya tidak ada layanan purna jual yang mendukung pemakaian software, dan kendala lainnya yaitu untuk retur penjualan tidak terintegrasi dengan penjualan sebelumnya maupun pada saat pembayaran, dan ada beberapa report internal mereka masih menggunakan excel.

Selain group perusahaan telah menggunakan FINA, alasan lainnya memilih FINA karena dapat menjawab kendala-kendala yang dialami oleh software sebelumnya terutama mengenai customer service.

Dalam proses implemetasi, Hal pertama yang dilakukan adalah pembuatan database baru dan data disiapkan oleh User dan PIC kemudian pada saat semua data telah terimport di database perusahaan terdapat beberapa revisi untuk item dan penambahan master-master customer. Setelah itu PIC memohon beberapa template yang kemudian dikerjakan oleh implementor dan sudah bisa digunakan sampai saat ini. Setelah database tersebut siap untuk digunakan oleh User, hal yang dilakukan oleh implementor melakukan training selama 5 hari untuk 2 user sesuai dengan modul dan divisi masing-masing. Pada saat melakukan proses training, user dapat menerima materi dengan baik dan lebih antusias dalam bertanya hal-hal yang berhubungan dengan alur dari transaksi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Setelah proses training selesai Implementor melakukan Review dan pendampingan untuk penginputan user.

Manfaat yang dirasakan oleh user adalah dapat mengerti dan menguasai dalam cara input FINA yang akhirnya mereka bisa lebih mudah memeriksa kembali setiap transaksi karena transaksi yang telah diinput memiliki menu tersendiri. Dan mereka bisa lebih happy atas transaksi yang mereka input user friendly dan bisa menghasilkan banyak laporan, seperti contohnya input sales invoice, bisa menghasilkan laporan laba rugi, laporan penjualan, analisa penjualan, laporan piutang sampai ke laporan stock, mereka rasakan sangat mempersingkat waktu sehingga banyak hal yang bisa dikerjakan.