software akuntansi terbaik

Software Akuntansi Terbaik

Semua Kecap Nomor 1

Kalimat di atas pernah diucapkan oleh Presiden RI pertama kita, Bapak Ir. Soekarno. Walaupun sudah lama, namun sampai sekarang masih relevan, khususnya untuk software akuntansi. Coba Anda search di google dengan kata kunci: “software akuntansi terbaik”. Anda akan menemukan website-website yang mengklaim bahwa software akuntansi mereka adalah yang terbaik.

Apakah benar demikian? Mari kita ulas lebih lanjut.

Paling Terkenal

Ada brand yang mengatakan dia adalah software akuntansi yang terbaik karena mereknya masuk kategori top brand di Indonesia selama sekian tahun berturut-turut. Apakah karena merek Anda dikenal orang maka otomatis produk Anda menjadi yang terbaik?

Lucunya, di salah satu tahun, muncul merek SAP, software ERP buatan negara Jerman. Bayangkan, hasil survei tersebut menempatkan SAP dan software akuntansi lokal dalam 1 kriteria yang sama. Kalau saya sebagai SAP, saya bukannya bangga, tapi malu. Analoginya seperti ini: mobil mercedes menjadi brand paling top nomor 1. Nomor 2-nya adalah avanza. Tanpa bermaksud merendahkan mereka Avanza, tapi kedua mobil tersebut masuk ke kategori yang sangat berbeda.

Apakah mercedes adalah mobil yang lebih baik dari Avanza? Nanti di bawah akan saya bahas.

Dapat Award

Ada juga vendor software akuntansi yang mengklaim sebagai yang terbaik karena pernah mendapat juara dalam lomba tertentu. Ballik lagi kita harus cek lomba apa yang dimaksud. Apakah lomba tersebut menyebutkan kategori software akuntansi?

Kalau melihat award yang didapatkan berasal dari APICTA, kita bisa melihat bahwa betul lomba yang dilakukan adalah membandingkan software antar negara asia pasifik dengan berbagai kategori. Hanya saja, tidak ada kategori software akuntansi. Yang ada hanyalah software bisnis secara umum.

Jadi bagi yang memenangi lomba APICTA ini, apakah boleh mengklaim sebagai software akuntansi yang terbaik? Kita kembalikan kepada yang melakukan klaim.

Paling Cocok

Penulis sudah mempunyai pengalaman mengembangkan, menjual dan melayani customer pengguna software akuntansi selama lebih dari 2 dekade. Jujur, penulis juga pernah meng-klaim software yang dibuat adalah yang terbaik. Namun setelah melihat realita bahwa ada pengguna software merek lain beralih ke software buatan penulis, dan begitu pula sebaliknya, maka penulis menyimpulkan bahwa tidak ada software akuntansi yang terbaik.

Kembali ke analogi antara mobil mercedes & Avanza. Kalau kita tanya, mana mobil yang terbaik? Tentunya kita harus tanya dulu, terbaik buat apa/siapa? Kalau buat antar jemput direktur, tentu saja jawabannya adalah Mercedes. Tapi kalau buat antar jemput karyawan pabrik, tentu saja jawabannya adalah Avanza. Bukankah begitu?

Begitu juga dengan software akuntansi. Dengan segala kerendahan hati penulis akan mengatakan bahwa tidak ada software akuntansi yang terbaik secara umum. Yang ada adalah software akuntansi terbaik untuk si anu atau si itu, alias software akuntansi yang paling cocok.

Nah, membahas software akuntansi yang paling cocok tentunya membutuhkan ulasan yang berbeda lagi. Penulis akan tunda ke artikel berikutnya ya.

Semoga artikel ini berguna bagi Anda yang membaca.

Catatan:

  1. Semua merek-merek di atas dimiliki oleh pemegang merek masing-masing.
  2. Penulis adalah seorang founder & direktur sebuah perusahaan pengembang program akuntansi. Beliau sudah berkecimpung di dunia software akuntansi selama lebih dari 2 dekade.